Wednesday, February 1, 2017

BBI SHARE THE LOVE 2017

Hallo BBI-ers!!

Ada yang istimewa di bulan Februari lho... Apa hayo?

Pertama, ada Hari Kasih Sayang alias Valentine's Day di tanggal 14 Februari. Kedua, juga di tanggal yang sama, ada International Book Giving Day!!! Naaah... buat kita sesama pencinta buku, mari kita rayakan kedua hari tersebut bersama-sama lewat acara BBI SHARE THE LOVE!!!



Gimana aturan main Share the Love?
Secara garis besar, kegiatan ini merupakan perpaduan antara Secret Santa dan Blog Guest Post. Jadi, akan ada pemberian kado dari satu peserta ke peserta yang lain disertai dengan pembuatan pos oleh satu peserta di blog peserta lainnya. Kami akan mengelompokkan peserta dengan cara mengacak, jadi bakalan surprise :)

Tujuan event Share the Love:
  1. Saling mengenal antar anggota BBI dengan cara guest posting di blog anggota.
  2. Menunjukkan kasih sayang dengan memberikan hadiah buku sesama anggota.
  3. Warna baru untuk blog buku masing-masing anggota BBI.

Rinciannya sebagai berikut:

  1. Para anggota BBI yang ingin mengikuti acara ini harus mengisi formulir pendaftaran. Formulir pendaftaran antara lain berisi genre pilihan kalian dan daftar buku yang kalian inginkan (wishlist).
  2. Divisi Event BBI akan membagi para peserta ke dalam kelompok-kelompok. Dari kelompok ini, Divisi Event juga akan menentukan peserta akan guest post di mana dan memberikan hadiah untuk siapa. Misalnya, dalam 1 kelompok ada A, B, dan C. maka Divisi Event akan menentukan bahwa A akan membuat guest post di blog milik B dan B akan memberikan hadiah untuk A, B akan membuat guest post di blog milik C dan C akan memberikan hadiah untuk B, lalu terakhir, C akan membuat guest post di blog milik A dan A akan memberikan hadiah untuk C.
  3. Masing-masing anggota kelompok mempersiapkan postingan blog untuk dipos di blog anggota kelompok yang telah ditentukan oleh Divisi Event dan menyiapkan hadiah berupa buku sesuai wishlist peserta yang bersangkutan.
  4. Pada tanggal yang ditentukan oleh Divisi Event, peserta mengepos mengenai kegiatan ini dan juga postingan dari peserta lain yang telah ditentukan di blognya. 
  5. Selama acara berlangsung, para peserta mengirimkan buku hadiah kepada peserta yang telah ditentukan oleh Divisi Event.
  6. Pada tanggal yang telah ditentukan, setiap peserta mengepos foto hadiah yang telah diterima dari peserta lainnya pada sosial media masing-masing peserta dengan menggunakan #BBISharetheLove dan mention ke akun BBI (twitter atau instagram)


Jadwal:

1 - 5 Februari 2017 : Pendaftaran Peserta
5 - 7 Februari 2017 : Pengumuman kelompok dan tugas peserta oleh Divisi Event
8 - 13 Februari 2017 : Rancangan guest post. Peserta silakan berkomunikasi dengan peserta lain dalam kelompoknya untuk materi guest post.
14 - 22 Februari 2017 : Pengeposan tentang acara BBI Share the Love 2017 dan guest post di blog masing-masing peserta.
23 Februari 2017 : Posting foto hadiah yang telah diterima dari peserta lainnya melalui sosial media

Aturan Pos:
  1. Para peserta dapat membuat 1 atau lebih postingan guest post selama tanggal 14 - 22 Februari 2017. Namun, pos pertama berupa pembukaan harus dilakukan di blog masing-masing di tanggal 14 Februari 2017 dengan isi memperkenalkan guest kepada pembaca blog serta acara ini.
  2. Isi guest post dapat didiskusikan antara host (pemilik blog) dengan guest (yang akan mengisi blog host), antara lain wawancara, mendiskusikan buku, menyusun daftar buku-buku ter-....., bahkan bisa juga membuat giveaway untuk pembaca blog. Divisi Event membebaskan bagaimana format dan jumlah postingan, sesuai dengan kesepakatan host dan guest.
  3. Karena Divisi Event akan mengatur sebisa mungkin genre favorit host berbeda dengan guest, maka diharapkan isi guest post mengeksplorasi genre favorit dari guest. Misalnya, A memiliki genre favorit historical fiction, mendapat guest B yang genre favoritnya fantasi. Maka sebisa mungkin pembahasan di guest post blog A adalah mengenai genre fantasi.
  4. Harap menggunakan label "BBI Share the Love 2017" untuk setiap posting blog terkait acara ini. Divisi Event nanti akan membuka linky, cukup masukkan link label pada linky tersebut.
  5. Harap memasang banner acara ini (di atas) pada setiap pos terkait acara. Untuk setiap posting mention BBI di akun sosial media, gunakan #BBISharetheLove2017
  6. Posting foto hadiah di media sosial diadakan pada tanggal 23 Februari 2017 bisa tag twitter atau instagram BBI.


Aturan pemberian hadiah:
  1. Setiap peserta menuliskan buku yang diharapkan sebagai hadiah pada formulir pendaftaran. Harap masukkan 2-5 judul buku yang masih mudah ditemukan di toko buku baik offline maupun online dengan rentang harga antara Rp. 50.000 - Rp. 150.000. Sebisa mungkin sesuai genre favorit pilihan kalian. Namun, seandainya ada buku lain yang diinginkan di luar genre favorit, maka bisa saja dicantumkan.
  2. Wishlist yang dicantumkan pada form sebanyak 2-5 buku. Namun buku yang diberikan hanya 1 buah. Diutamakan buku-buku berbahasa Indonesia untuk mempermudah pembelian dan mempercepat pengiriman karena jangka waktu acara yang tidak panjang.
  3. Pengiriman hadiah dari host ke guest dapat dilakukan sejak tanggal 8 Februari 2017. Mohon diperhitungkan waktu pengiriman hadiah agar tidak mepet dengan jadwal pos foto hadiah, yaitu tanggal 23 Februari 2017
  4. Karena ini tidak bersifat anonim, maka host dapat membicarakan perihal hadiah buku dengan guest terlebih dahulu (misal: lebih enak beli di mana, alamat kirim ke mana, dsb).
Berikut adalah formulir pendaftaran yang harus kalian isi:


Selamat bersenang-senang :) Jika ada pertanyaan, bisa langsung menghubungi Nina pada 0813-5750-3326 (WA) atau Nana pada 0877-7178-8269 (WA).

Salam sayang,

Divisi Event

1 comment:

  1. kegiatan ini keren, nanti liat ambil contoh untuk buat kegiatan yang sama seperti ini.

    ReplyDelete