Karakter Wanita Favorit di Karya Fiksi versi BBI-ers



Walaupun International Women Day sudah lewat di tanggal 8 Maret 2017, tapi gaungnya masih terasa sampai sekarang :D. Dan, membahas sesuatu terkait wanita memang selalu menarik dan tak pernah membosankan, termasuk bagi para penyuka buku, yang bahasannya pasti tak jauh-jauh dari buku.

Karakter tokoh adalah salah satu topik obrolan yang paling sering dibahas karena memiliki posisi yang sangat penting dalam sebuah karya fiksi. Tak jarang banyak pembaca fiksi yang akhirnya nge-fans dengan tokoh kesukaannya. Bahkan yang lebih ekstrem, ada juga lho pembaca buku yang jatuh cinta dengan karakter impiannya :D

Seberapa penting sih karakter dalam sebuah buku? Pastinya sangat penting ya, karena lewat karakter tokoh lah sebuah cerita bisa dinikmati oleh pembaca. Pembaca akan merasa sedih, bahagia, marah atau cuek tergantung jiwa karakter yang dimunculkan penulis. Karakter dalam karya fiksi pastinya akan memaksimalkan segala sisi yang ada dalam suatu karya fiksi.

Nah, dalam rangka menyambut International Women Day, yang meskipun sudah lewat tapi sangat istimewa buat kaum wanita ini, beberapa BBI-ers ini rela berbagi bocoran karakter wanita favoritnya dari sebuah karya fiksi, baik itu dari novel maupun komik. Kira-kira siapa saja ya karakter wanita favorit mereka dan apa alasan mereka memilih karakter tersebut? Yuk mari dicek! :)


"Kalo buatku, sebenernya bukan tokoh yang kuat dari awal sampai akhir sih yang aku suka. Aku lebih suka tokoh yang berkembang dan berhasil melewati kesulitannya. Aku suka banget tokoh Aeryn dari buku terakhir yang kubaca, One Little Thing Called Hope karya Winna Efendi. Dia ini remaja yang tadinya menutup diri dan keras hati karena setelah ibunya meninggal, ayahnya dengan cepat menikah lagi dan sekarang, selain punya ibu tiri, Aeryn juga punya saudara tiri. Tapi seiring cerita berkembang, dia jadi lebih terbuka dan menerima perubahan di hidupnya, termasuk membantu saudara tirinya, Flo, yang tertimpa kesulitan."


" Hmm siapa ya, aku suka Arwen di Lords of the Ring, tapi kayaknya Cinder  dari Lunar Chronicles yg mekanik android tp setengah putri bulan dan masih punya sisi malu malu asmara mungkin yang bakal kupilih sebagai heroine favorit"

Bintang - Ach's Book Forum

"Laisa di novel Bidadari - Bidadari Surga karya Tere Liye. Meski fisiknya tidak sempurna, namun ketangguhan Kak Laisa yang didedikasikan spesial untuk adik adik dan keluarganya perlu diacungi jempol. Dan aku yakin, tokoh semacam Kak Laisa ini tidak hanya sekedar fiktif. Di luar sana, pasti banyak perempuan-perempuan tangguh seperti ini. Sebut saja, Bidadari Surga, seperti judul novelnya "


" Eve di In Death seriesnya J.D. Robb!! "

Astrid - Books to Share

"Hermione- karna tanpa dia Harry ke laut ajah. Daenerys di seri Game of Throness- strong, badass tapi tetep humane 😊😊"


" Jane Eyre tetap paling favorit. Pertama kali baca karya klasik dan berkesan banget. Jane Eyre berani melawan keinginannya demi prinsip, stay true to herself gitu. Kalo saya mah gampang terbawa arus sepertinya #eaaa"


" Nemesis dari Diabolic. Kuat, gigih, setia dan badass! "

Kitty - Pelahap Kata

" Sailor Moon! (eh, karakter manga masuk kan ke karakter buku fiksi juga?) Meskipun aslinya dalam wujud Tsukino Usagi itu sangat ceroboh, cengeng dan gak bisa diandalkan, seiring berjalannya waktu sepanjang ia menjalani hari-hari berat sebagai ksatria pejuang cinta dan kebenaran (duileh), tokh lama-kelamaan dia akhirnya jadi tokoh yang makin dicintai karena karakternya perlahan-lahan berubah jadi semakin kuat, tegar, dan rela memberikan apapun demi kebahagiaan manusia bumi (termasuk di dalamnya adalah orang2 yg dia cintai: keluarga, teman-teman, dan kekasihnya yg memang kelak ditakdirkan jadi suaminya)! Intinya, jadi cewek itu kudu kuat! Gak apa-apa sih kalau pada awalnya kita cengeng, tapi masalah yang kita hadapi harusnya menempa kita jadi makin kuat seperti si Sailor Moon itu, dan bukannya jadi tambah lembek dan menye2! ^^" 

Asri - Peek a Book

" hmm.. siapa yaaa.. ini kayaknya aku demen sama karakternya Athaya di Secangkir Kopi dan Pencakar Langit.. tipe cewek kuat tapi disisi lain dia rapuh. Berhasil menyembunyikan kerapuhannya di depan banyak orang."


"Aku pilih Lintang dari novel Pulang. Sama Viviane-nya juga. Hehe. Tanpa mereka, cerita Dimas Suryo nggak akan terungkap."


"Amy dunne di Gone Girl donk. Badass abis xD"

Dhita - 7th Horizon

"Elise De LaSerre dari Assassin's Creed Unity. Lupakan sedikit gimana recklessnya, kalau nggak ada dia, nggak bakalan ada Arno. Plus, saya cinta banget adegan dia ngancurin dagu Robespierre waktu interogasi" 

Mellisa

"Talita Koum Vimana dari Tiger On My Bed. Wanita super kuat, tegar dan sukses. Kuat menghadapi ayah yg selalu menekan kehidupannya, tegar menghadapi kegagalan pernikahan krn tunangan yg jatuh cinta sama wedding plannernya mereka dan sukses dlm karir serta berdamai dgn masa lalunya.


" Kalo nonfiksi gak boleh ya, ren ? Kan bisa jadi panutan juga #dikeplak.

Banyak sih yang keren. Liz bennet, amelia hathaway, dan hermione granger favoritku."

Oktabri - Irbatko

"Amanda di A untuk Amanda. Memiliki gangguan mental tidak menghilangkan karakter aslinya yang seorang feminis dan kepribadian yang kuat dari dirinya. Konflik yang dialaminya memang tidak jauh-jauh dari masalah remaja, tetapi caranya memandang dunia dan menghadapi apa pun membuatnya sangat menarik di mataku." 

Wah, seru-seru dan cukup beragam juga ya pilihan para BBI-ers. Kalau kita lihat-lihat, ternyata banyak yang menyukai karakter wanita yang kuat dan tegar ya. Memang tidak ada batasan bagi pembaca harus menyukai karakter wanita yang seperti apa. Bisa saja seseorang menyukai karakter wanita protagonis, sementara pembaca lain menyukai karakter antagonir. Atau ada yang suka karakter wanita pemarah, sementara pembaca lain lebih suka karakter centil dan manis. Buku memang menghubungkan banyak orang. Kita bebas menyukai karakter apa saja yang kita suka.

Nah, pembaca sekalian, adakah karakter wanita dalam karya fiksi yang jadi favorit kalian? Mari share di kolom komentar ya :) 
Previous
Next Post »